Friday, April 15, 2011

Tip memilih disc brake unutk motor

Posted by Viant 10:45 AM, under , | No comments



 

Varian of Disc Brake


BIKES jangan main-main soal pengaplikasian rem pada sepeda motor. Karena komponen ini sangat penting bagi keselamatan. Bisa dibayangkan apabila dikecepatan tinggi tiba-tiba alat penghenti laju ini tidak berfungsi. Wah, bisa jadi malapetaka tuh! Apalagi bagi para pengguna rem tromol yang kurang diakui kinerja pengeremannya. Walah..ati-ati ah. Untuk itu, sekarang ini banyak Bikes yang mengaplikasi model pengereman cakram pada tunggangannya. Tapi kadang-kadang Bikes bingung memilih piringan cakram yang cocok buat motornya. Apakah memilih diameter yang lebar atau yang kecil, yang bisa buat pengereman maksimal? Bingung kan? Oke, kali ini akan bahas pilihandisbrake buat Bikes only!
  1. 1. Piringan Cakram Lebar
Piringan ini biasanya dijual di toko-toko aksesoris dengan lebar yang bervariasi. Dengan lebih besarnya piringan cakram, daya cengkram kaliper akan lebih besar menimbulkan efek gesekan penghentian. Oleh karena itu, piringan cakram ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada motor yang punya cc besar. Tapi piringan ini kurang cocok untuk motor ber-cc rendah. Bila dipaksakan untuk cc rendah, bisa-bisa dalam pengereman yang terlalu pakem akan membuat Bikes tidak bisa menstabilkan kendali motor dan bisa berbuah kecelakaan.
  1. 2. Piringan Cakram Standar
Piringan standar maksudnya adalah piringan cakram dengan ukuran pabrikan yang sudah disesuaikan dengan laju motor Bikes. Menurut pabrikan, inilah piringan cakram yang cocok digunakan. Karena biaanya setiap pabrikan motor selalu membedakan ukuran cakram antara cc besar dan kecil. Hal ini untuk menopang penghentian laju kendaraan yang harus disesuaikan dengan daya cengkram pengereman oleh kaliper. Selain sudah teruji kelayakannya, piringan cakram standar bisa membuat Bikes aman dalam berkendara.
  1. 3. Piringan Cakram Orbital (super lebar)
Piringan cakram ini biasanya mempunyai ukuran selebar velg. Untuk dudukannya mengandalkan bibir velg yang direkatkan dengan baut-baut kecil. Dilihat dari tampilan, memang piringan cakram ini terlihat sangat elegan dan enak dipandang mata. Akan tetapi untuk hal keselamatan, cakram ini kurang dianjurkan karena kurang stabil dalam pengereman mendadak yang dapat mengakibatkanhandling jadi “oleng”. Jadi, piringan ini  just for modification only.
Terkadang Bikes suka salah mengartikan fungsi piringan cakram. Masih banyak yang berasumsi lebarnya piringan cakram akan membantu daya pengereman. Memang kehadiran rem cakram dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik dan stabil saat menghentikan laju kendaraan. Tapi bila Bikes salah mencaplok piringan cakram, bisa jadi malapetaka. Bikes harus bisa memilih piringan cakram sesuai dengan kebutuhan daya pengereman motor bikes sendiri. Jadi pintar-pintar lah bikes memilih piringan cakram demi keselamatan!!!!

0 komentar:

Post a Comment

Sekilas tentang PTC

PTC (pay per click) adalah dimana anda akan dibayar hanya dengan mengklik iklan dan anda akan dibayar langsung rekening bank anda. Berikut adalah PTC yang saya ikuti dan alhamdulillah telah membayar saya :

PTC Indonesia :

SentraClix
DbClix
Zonaclix - A Place to Earn online!
IndoStarBux

PTC Luar Negri :

aeBux - The Success Continues!

Tags

jam

kalender