Varian of Disc Brake
BIKES
jangan main-main soal pengaplikasian rem pada sepeda motor. Karena
komponen ini sangat penting bagi keselamatan. Bisa dibayangkan apabila
dikecepatan tinggi tiba-tiba alat penghenti laju ini tidak berfungsi.
Wah, bisa jadi malapetaka tuh! Apalagi bagi para pengguna rem tromol
yang kurang diakui kinerja pengeremannya. Walah..ati-ati ah. Untuk
itu, sekarang ini banyak Bikes yang mengaplikasi model pengereman
cakram pada tunggangannya. Tapi kadang-kadang Bikes bingung memilih
piringan cakram yang cocok buat motornya. Apakah memilih diameter yang
lebar atau yang kecil, yang bisa buat pengereman maksimal? Bingung kan? Oke, kali ini akan bahas pilihandisc brake buat Bikes only!
- 1. Piringan Cakram Lebar
Piringan
ini biasanya dijual di toko-toko aksesoris dengan lebar yang
bervariasi. Dengan lebih besarnya piringan cakram, daya cengkram kaliper
akan lebih besar menimbulkan efek gesekan penghentian. Oleh karena itu,
piringan cakram ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada motor yang
punya cc besar. Tapi piringan ini kurang cocok untuk motor ber-cc
rendah. Bila dipaksakan untuk cc rendah, bisa-bisa dalam pengereman yang
terlalu pakem akan membuat Bikes tidak bisa menstabilkan kendali motor
dan bisa berbuah kecelakaan.
- 2. Piringan Cakram Standar
Piringan
standar maksudnya adalah piringan cakram dengan ukuran pabrikan yang
sudah disesuaikan dengan laju motor Bikes. Menurut pabrikan, inilah
piringan cakram yang cocok digunakan. Karena biaanya setiap pabrikan
motor selalu membedakan ukuran cakram antara cc besar dan kecil. Hal ini
untuk menopang penghentian laju kendaraan yang harus disesuaikan dengan
daya cengkram pengereman oleh kaliper. Selain sudah teruji
kelayakannya, piringan cakram standar bisa membuat Bikes aman dalam
berkendara.
- 3. Piringan Cakram Orbital (super lebar)
Piringan
cakram ini biasanya mempunyai ukuran selebar velg. Untuk dudukannya
mengandalkan bibir velg yang direkatkan dengan baut-baut kecil. Dilihat
dari tampilan, memang piringan cakram ini terlihat sangat elegan dan
enak dipandang mata. Akan tetapi untuk hal keselamatan, cakram ini
kurang dianjurkan karena kurang stabil dalam pengereman mendadak yang
dapat mengakibatkanhandling jadi “oleng”. Jadi, piringan ini just for modification only.
Terkadang
Bikes suka salah mengartikan fungsi piringan cakram. Masih banyak yang
berasumsi lebarnya piringan cakram akan membantu daya pengereman. Memang
kehadiran rem cakram dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik dan
stabil saat menghentikan laju kendaraan. Tapi bila Bikes salah mencaplok
piringan cakram, bisa jadi malapetaka. Bikes harus bisa memilih
piringan cakram sesuai dengan kebutuhan daya pengereman motor bikes
sendiri. Jadi pintar-pintar lah bikes memilih piringan cakram demi
keselamatan!!!!
0 komentar:
Post a Comment